Program & Kegiatan

BIDANG HASIL POKOK :

1.      Masyarakat ramah lingkungan

2.      Pembangunan berkelanjutan

 

BIDANG KEGIATAN UTAMA :

1.      Kampanye

2.      Edukasi dan Pengembangan Kapasitas

3.      Pengorganisasian Masyarakat

4.      Fasilitasi

5.      Riset

6.      Pengembangan Jaringan

 

KEGIATAN UNGGULAN :

o       Green School

o       Green Area

o       Green Campaign

 

Dasar program Hijau-GPL adalah implementasi dari “Gaya Hidup Ramah Lingkungan” dengan credo “Green is Fun”.

 
Sekolah Hijau (Green School)

Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar adalah institusi pendidikan formal yang strategis untuk membangun kesadaran, pola pikir dan perilaku ramah lingkungan kepada anak sejak dini. Karena pada usia inilah kemampuan berpikir atau kecerdasan anak mulai berkembang, sehingga apabila pentingnya pelestarian lingkungan hidup mereka sadari dan lakukan sejak dini maka harapan kita bersama untuk membangun masyarakat yang peduli terhadap lingkungan akan terwujud. Demikian pula dengan guru sebagai agen perubahan juga harus mampu memahami dan memberikan contoh nyata kepada siswanya untuk berperilaku ramah lingkungan, karena salah satu cara anak belajar adalah mencontoh dan meniru orang dewasa yang ada di sekitarnya. Sehingga kemampuan pihak sekolah, dalam hal ini kepala sekolah dan staf pengajarnya untuk merancang dan mengelola sekolah dengan manajemen ramah lingkungan mutlak menjadi kebutuhan.

 

Program Sekolah Hijau antara lain:

1.      Pelatihan Manajemen Sekolah Ramah Lingkungan (Green Teacher) : Meningkatkan kapasitas pendidik yang berwawasan dan peduli lingkungan sesuai dengan kapasitasnya sebagai agen perubahan.

2.      Pendampingan Sekolah : Mendampingi dalam mewujudkan sekolah ramah lingkungan baik secara fisik maupun perilaku.

3.      Bermain dan Belajar bersama Alam (Green is Fun) : Memberikan pengalaman melihat, mendengar dan merasakan secara langsung kepada anak-anak sekolah tentang kehidupan di alam dan mengasah kemampuan untuk memecahkan permasalahannya melalui permainan yang menyenangkan.

4.      Pelatihan Anak Peduli Lingkungan (Green Student) : Meningkatkan kemampuan dan kecerdasan anak dalam pemanfaatan sampah atau barang bekas serta bahan alami menjadi barang seni dan alat permainan edukatif yang bermanfaat bagi kebutuhannya sebagai siswa.

 

Area Hijau (Green Area)

Konsep “Hulu ke Hilir”  memang sangat penting untuk dipahami, dijaga kelestariannya dan dilaksanakan secara nyata. (untuk kasus di Jogjakarta : Kawasan lereng Merapi sebagai hutan atau daerah penyangga dan sumber air bagi kehidupan/ masyarakat yang ada dibawahnya dan penyerap CO2, dan habitat satwa liar, daerah perkotaan sebagai pusat masyarakat dalam melakukan beragam aktifitas dan pantai selatan sebagai habitat bertelur penyu dan tempat transit burung migran).

Manusia dan alam sekitarnya merupakan bagian dari sebuah ekosistem besar yang saling terkait dan berinteraksi secara dinamis. Pemahaman dalam konsep ini akan menuju pada suatu habitat (hunian) yang layak bagi semua kehidupan. Ada keseimbangan dan saling menjaga dalam kerangka kehidupan yang berkelanjutan (sustainable development).

Program Area Hijau antara lain:

1.      Pendampingan masyarakat kawasan konservasi: bersama menjaga dan melestarikan potensi lingkungan, seni dan budaya melalui kearifan tradisional yang ada.

2.      Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia : Melatih masyarakat kawasan konservasi untuk dapat berorganisasi dengan baik, menciptakan peluang kerja dengan berkreasi membuat berbagai macam kerajinan dan melatih untuk menjadi fasilitator atau pemandu wisata lokal yang ramah lingkungan.

3.      Sanggar Bermain dan Belajar untuk Anak : Sebagai tempat untuk meningkatkan kemauan belajar (learning by doing) dengan mengenali potensi alam dan budaya yang ada di sekitarnya.

4.      Paket Pendidikan Lingkungan Hidup Kawasan Konservasi : Sebagai tempat kunjungan wisata pendidikan lingkungan dan budaya bagi anak sekolah di dalam maupun luar daerah serta bagi wisatawan asing maupun domestik.

5.      Kota Ramah Lingkungan (Green City) : menuju pemahaman dan pengelolaan potensi kota sebagai habitat (hunian) yang layak bagi manusia dan alam sekitarnya, dengan prinsip ramah lingkungan dan kehidupan yang berkelanjutan.

 
Green Campaign

Kampanye simpatik isu-isu gaya hidup ramah lingkungan dan pelestarian satwa liar serta habitatnya.

Green Media & Information Center

Penyediaan keterbukaan informasi publik dan penyebarluasan informasi wacana lingkungan kepada khalayak luas melalui berbagai  media massa dan media komunitas.

 

 

Online

We have 71 guests and no members online

Articles View Hits
195523