24 September – Hari Tani Nasional

0 Comments

Hari Tani Nasional dicetuskan pada tanggal 24 September 2009. Pencetusannya dilakukan oleh Menteri Pertanian saat itu, yaitu Suswono, dalam rangka menghormati peran petani dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pertanian di Indonesia. Sejak saat itu, tanggal 24 September menjadi momen penting untuk memperingati dan mengapresiasi kontribusi petani dalam kedaulatan pangan dan pembangunan pertanian negara kita.

Hari Tani Nasional adalah sebuah perayaan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk menghormati dan mengapresiasi peran petani dalam menopang ketahanan pangan dan kemajuan ekonomi negara. Perayaan ini diadakan setiap tanggal 24 September setiap tahunnya.

Latar belakang

Latar belakang Hari Tani Nasional bermula dari kesadaran akan pentingnya petani dalam menjaga kestabilan pangan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Indonesia merupakan negara agraris yang mayoritas penduduknya bergantung pada sektor pertanian sebagai mata pencaharian utama. Petani berperan penting dalam menghasilkan pangan yang memadai untuk rakyat Indonesia.

Pada tanggal 24 September 1945, Bung Hatta, seorang tokoh pejuang dan negarawan Indonesia, menyampaikan pidato penting yang kemudian dijadikan dasar penetapan Hari Tani Nasional. Dalam pidatonya, beliau menekankan pentingnya peran petani dalam mencapai kemerdekaan dan kemakmuran bangsa.

Sejak itu, setiap tahun pada tanggal 24 September, Indonesia merayakan Hari Tani Nasional sebagai bentuk penghargaan terhadap petani yang telah berjuang keras dalam memenuhi kebutuhan pangan rakyat Indonesia. Perayaan ini sering diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba pertanian, pameran produk pertanian, dan berbagai acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pertanian di Indonesia.

Melalui perayaan Hari Tani Nasional, diharapkan kesadaran akan pentingnya sektor pertanian semakin meningkat, serta memberi semangat dan apresiasi kepada petani Indonesia yang berjuang keras dalam memproduksi pangan yang berkualitas dan memadai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *