Kayu Manis (Cinnamomum verum)

Kayu manis atau dengan nama ilmiah Cinnamomum verum ialah jenis pohon penghasil rempah-rempah. di dalam kamus Biologi, Kayu manis termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang dihasilkan dari kulit bagian dalam yang kering, yang amat beraroma, manis, dan pedas

Kayu manis adalah salah satu jenis rempah yang khasiatnya banyak digunakan. Kayu manis adalah rempah yang bisa kita dapatkan dari kulit pohon bagian dalam. Kulit pohon yang dimaksud adalah kulit dari pohon yang secara ilmiah dikenal sebagai Cinnamomun. Rempah ini dipercaya sudah dipakai sejak zaman Mesir Kuno.

Dahulu, rempah kayu manis ini dinilai sangat berharga dibandingkan dengan saat ini. Sekarang kita bisa dengan mudah menjumpai kayu manis di jual dengan harga murah. Pohon kayu manis dapat mencapai ketinggian 15 meter. Batang berkayu dan bercabang-cabang, daun tunggal, lanset, warna daun muda merah pucat setelah tua berwarna hijau. Perbungaan bentuk malai, tumbuh di ketiak daun, warna kuning. Buah buni, buah muda berwarna hijau dan setelah tua berwarna hitam, berakar tunggang.

Kandungan penting :

Kulit kayu : minyak atsiri, tanin, damar, dan lendir.

Berdasarkan data dari U.S. Department of Agriculture, satu sendok teh bubuk kayu manis, atau sekitar 2,6 gram, mengandung : 6,42 kalori, 2,1 gram (g) karbohidrat, 26,1 miligram (mg) kalsium, 0,21 mg zat besi, 1,56 mg magnesium, 1,66 mg fosfor, 11,2 mg kalium, 0,39 vitamin A

Khasiat dan Cara penggunaan :

Diare

    • Bahan : Kayu manis 3 gram, buah kayu ules 2 gram, rasuk angin 2 gram, rimpang kencur segar 8 gram, ketumbar 3 gram, jintan hitam 2 gram, mungsi 2 gram, rimpang lempuyang 10 gram, pulosari 2 gram, buah adas 2 gram, biji kedawung 4 butir, air sedikit.
    • Cara pembuatan :dipipis hingga menjadi pasta.
    • Cara pemakaian : ditapalkan di seluruh bagian perut dan pakailah gurita.

Menambah nafsu makan

    • Kayu manis bersifat istomachica yang artinya meningkatkan nafsu makan. Artinya, kayu manis bisa jadi solusi untuk anak atau Anda yang sering kehilangan nafsu makan.

Memberikan aroma pada makanan dan obat tradisional

    • Aroma kayu manis meningkatkan citarasa pada makanan atau pada obat tradisonal.

Nyeri pinggang

Rematik

Sakit perut

Mengendalikan kadar gula darah

Menurunkan risiko penyakit jantung

Melawan bakteri dan jamur penyebab infeksi

Melindungi tubuh dari radikal bebas

Mencegah risiko kanker

Cara membuat ramuan :

Cara 1 :

      • Buat air rebusan kayu manis dengan merebus kayu manis atau satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam air atau kayu manis utuh berukuran kecil ke dalam air
      • Setelah jadi, tambahkan beberapa sendok teh madu

Cara 2 :

      • Untuk kayu manis jenis Cassia, disarankan hanya menggunakannya sebanyak 0,5 – 4 gram atau setara dengan satu sendok teh per hari.
      • Untuk kayu manis jenis Ceyon, disarankan untuk menggunakannya sebanyak 5 gram atau setara dengan 2,5 sendok teh per hari.

Gambar :

Sumber : disarikan dari berbagai sumber.