Kangkung (Ipomoea aquatica)

Kangkung (Ipomoea aquatica) adalah jenis sayur yang sudah sangat umum di Indonesia. Hampir semua orang tentu pernah makan sayuran yang punya nama lain bayam air ini. Kangkung, juga dikenal dengan istilah bayam air, adalah tanaman perairan yang banyak ditemui di daerah rawa-rawa. Kangkung juga merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemui di negara-negara Asia, khususnya di Indonesia. Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, sayuran bayam air ini memiliki bentuk daun memanjang dengan lebar sekitar 2,5 sampai 8 sentimeter (cm).

Kangkung (Ipomoea aquatica) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia, tempat asalnya tidak diketahui. dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.

Masakan kangkung yang populer adalah cah kangkung bumbu tauco atau terasi, juga di wewarungan terdapat pelecing kangkung lombok. Ada dua jenis bentuk kangkung yang dijual di pasaran. Yang pertama adalah kangkung berdaun licin dan berbentuk mata panah (kangkung air) sepanjang 10–15 cm. Tumbuhan ini memiliki batang berongga yang menjalar dengan daun berselang dan batang yang menegak pada pangkal daun. Tumbuhan ini bewarna hijau pucat dan menghasilkan bunga bewarna putih, yang menghasilkan kantung yang mengandung empat biji benih. Jenis kedua adalah dengan daun sempit memanjang (kangkung tanah) biasanya tersusun menyirip tiga

Kandungan penting :

    • Zat Besi
    • Protein
    • Vitamin C dan A
    • Lemak, Karbohidrat dan Kalsium
    • Vitamin B1

Khasiat :

Obat Susah Tidur (insomnia)

Mencegah Penyakit Sariawan

Mengurangi Kolesterol

Mengobati Penyakit Kuning

Gambar :

Sumber : disarikan dari berbagai sumber.

Exit mobile version