Bugenvil (Bougainvillea spectabilis, Bougainvillea glahra)

Bunga bugenvil (Bougainvillea spectabilis, Bougainvillea glahra) disebut juga dengan bunga kertas / kembang kertas. Tanaman ini tergolong tanaman perdu, menahun, tinggi 5-15 m. Batang : tegak atau sedikit memanjat, bersegi, percabangan simpodial, berduri yang berbentuk kait, masih muda hijau setelah tua hitam. Daun : tunggal, berhadapan, lonjong, ujung runcing, pangkal membulat, tepi rata, panjang 4-10 cm, lebar 2-6 cm, pertulangan menyirip, hijau. Ciri khasnya yakni bunga : majemuk, bentuk malai, berkelompok tiga, di ketiak daun, bentuk seperti terompet, putih, memiliki daun pelindung tiga helai, merah keunguan. Buah : bentuk gada, kecil, masih muda hijau setelah tua coklat. Biji : bulat, kecil, hitam. Akar : tunggang, putih kecoklatan.

Kandungan penting :

Daun, bunga, akar dan kulit batang Bougainvillea glabra mengandung saponin dan polifenol.

Khasiat :

Bunga Bougainvillea glabra berkhasiat sebagai penyegar badan. Untuk penyegar badan dipakai kurang lebih 10 gram bunga Bougainvillea glabra, dicuci dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama 15 menit, dinginkan dan disaring. Hasil saringan diminum 2 kali pagi dan sore sama banyak.

Bunga Bougenville juga bisa mengobati masalah pencernaan, seperti diare, asam lambung, atau sakit perut. Hal ini karena di dalam bunga Bugenvile atau kembang kertas terdapat kandungan senyawa anti-inflamasi. Cukup minum teh bougenville panas untuk meredakan sakit perut dan membantu menurunkan asam lambung tinggi.

  • Obat batuk, terutama batuk berdahak. Kandungan dalam bunga bougenvil bisa membantu mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan.
  • Menurunkan demam, bunga bougenvil bisa membantu menurunkan demam tubuh. Teh dari bunga bougenvil akan bereaksi sangat cepat dalam membantu menurunkan suhu badan.
  • Meningkatkan sistem pernafasan. Bunga bougenvil juga bisa membawa manfaat bagi kesehatan paru-paru dan fungsinya dalam menyediakan pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan fungsi paru-paru yang bekerja optimal, maka tubuh juga akan lebih bugar.
  • Menyeimbangkan sistem pencernaan. Dalam kasus ini, kita tidak menggunakan bunga bougenvil melainkan akar dan daunnya. Akar bougenvil mengandung efek pencahar, yaitu untuk melancarkan buang air besar. Di sisi lain, daun bougenvil bisa menyebabkan konstipasi, sehingga bisa digunakan untuk obat saat anda mengalami diare.
  • Membantu meningkatkan tekanan darah. Jika Anda menderita hipotensi, atau tekanan darah yang terlalu rendah, Anda bisa menggunakan bunga bougenvil. Sebaliknya, orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak boleh mengonsumsi teh dari bunga bougenvil.
  • Membantu menyembuhkan radang tenggorokan. Sebagai anti bakter alami, bunga bougenvil juga bisa membantu menyembuhkan radang tenggorokan. Minum teh bougenvil secara rutin saat Anda menderita radang tenggorokan.
  • Membantu mengoptimalkan fungsi liver. Di daerah Amerika Selatan, teh bunga bougenvil sangat dianjurkan bagi para penderita hepatitis.

Pemanfaatan Teh Bunga Bugenvil :

  • Bahan bahan ; bunga bougenvil, iris tipis (hanya helai bunganya, tanpa serbuk sari dan putik), sedikit kayu manis, madu dan air
  • Cara membuat :
    • Rebus bunga bougenvil yang sudah diiris tipis-tipis dan kayu manis dengan dua gelas air hingga mendidih.
    • Setelah disaring dan hanya tersisa air rebusannya saja, tambahkan madu.
    • Minum selagi hangat

Gambar :

Sumber : disarikan dari berbagai sumber.