Ubi Kates (Ipomoea cairica )

Ubi Kates (Ipomoea cairica ) terlihat di seluruh Kepulauan Hawaii karena berabad-abad yang lalu, penjelajah Polinesia membawa sampan mereka yang berlayar di lautan. Ubi Kates disebut juga sri pagi, Tanaman ini Ini mengandung hidrogen sianida jadi jangan pernah mengikuti contoh orang Polinesia kuno yang memanggang umbi tanaman dan memakannya. Itu selalu dianggap sebagai gulma invasif.

Morfologi :

    • Ubi kates Ipomoea cairica merupakan tanaman merambat,  memiliki batang ramping tidak berbulu, tumbuh
      melilit, kadang-kadang menghasilkan akar pada sendi (simpul).
    • Daun tersusun bergantian (panjang 3-10 cm dan 3-10 cm lebar) dibagi menjadi lima atau tujuh lobus sempit, seperti jari-jari tangan (jari-jari tangan melengkung). Daun tidak berbulu dan ditanggung batang (tangkai daun) sepanjang 2-6 cm.
    • Bunga berbentuk corong (tubular) berwarna ungu hingga merah muda (kadang-kadang putih) dengan pusat ungu yang lebih gelap. Bunga dalam kelompok kecil singkatnya tangkai berasal dari garpu daun (yaitu axils). Bunga memiliki panjang 6 cm dan lebar 5-8 cm, memiliki lima kelopak yang menyatu ke dalam tabung (tabung corolla) dan lima sepal kecil (4-7 mm panjang). Kapsul buah lebih atau kurang berbentuk bulat (Subglobose) dalam bentuk dan berubah dari hijau menjadi coklat. Kapsul ini (10-12 mm) berisi empat biji cokelat besar (sekitar 6 mm) yang sedikit tiga bersudut dalam bentuk. Benih memiliki halus permukaan diselingi dengan jumbai-jumbai rambut panjang halus seperti sutra

Kandungan  :

Ubi kates Ipomoea cairica mempunyai kandungan berbagai senyawa kimia diantaranya alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, antrakuinon dan fenol, alkaloid indol diisolasi dari daun species ini (Meira et al. 2012), arctiin, arctigenin, trachelogenin, matairesinol, umbeliferone, sitosterol, scopoletin, quercetin, glucopyranosil, cyanidin-3-(p-coumaryl-caffeoyl), karbohidrat, protein, asam amino, terpenoid, sterol.

Khasiat & Penggunaan :

Sebagian besar bagian tanaman dapat dimakan, seperti daunnya yang dimakan saat masih muda. Dan akarnya, yang bisa dimasak sebelum dimakan. Ramuan dari daunnya yang dihaluskan dan meminumnya untuk menyembuhkan ruam dan demam. Tanaman ini di beberapa daerah juga dianggap memiliki khasiat antibiotik.

Peluruh air seni

Seluruh bagian tanaman ubi kates segar sebanyak 12 gram, dicuci, dipotong kecil-kecil, di rebus dengan 200 ml air sampai mendidih hingga air rebusan tinggal setengahnya, disaring, setelah dingin diminum sekaligus.

Anti radang

Gambar :

Sumber : Kitab Tanaman Obat Nusantara