Gambas

0 Comments

Gambas (Luffa acutangula) atau Onyong merupakan tanaman merambat. Buahnya bersiku-siku memanjang kulitnya keras layaknya kaktus, sedangkan dagingnya lunak dan halus berwarna hijau. Tak berbeda dengan komoditas lainnya, oyong tumbuh subur di daerah pegunungan. Penanamannya biasanya dilakukan di pekarangan / bagian ladang yang tidak digunakan untuk tanaman lain. Gambas dipanen buahnya ketika masih muda dan diolah sebagai sayur.

Bagian yang digunakan :

Buah

Khasiat :

  1. Kandungan senyawa cucurbitasin dalam biji gambas / oyong berperan dalam menurunkan gula darah (anti diabetes).
  2. Meningkatkan imunitas tubuh
  3. Mencegah kanker
  4. Mencegah anemia
  5. Menurunkan risiko penyakit jantung
  6. Mencegah radikal bebas
  7. Menurunkan berat badan
  8. Meredakan nyeri otot
  9. Menjaga kesehatan mata

Cara penggunaan :

Secara umum, ahli gizi pada International Journal of Food Properties mengatakan bahwa cara paling tepat dalam mengolah gambas adalah dengan cara merebus gambas selama 7 menit pada air mendidih.

Gambas yang masih muda sering digunakan sebagai sayur oleh masyarakat. Terkadang, daun dari gambas juga digunakan sebagai lalapan. Dalam berbagai tradisi buah gambas yang kecil dikonsumsi sebagai acar.

Cara penyimpanan :

Cara terbaik untuk menyimpan gambas adalah dengan cara menyimpan ekstrak dari gambas untuk dikonsumsi.

Untuk mendapatkan ekstrak gambas dapat dilakukan dengan menyaring jus gambas untuk diambil sari buahnya. Karena sebagai yang telah diketahui ekstrak gambas berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Gambas juga dapat disimpan pada suhu ruangan dengan dibersihkan terlebih dahulu. Untuk penyimpanan yang lebih lama, gambas dapat disimpan pada kulkas.

 

Gambar :