Jahe Merah (Zingiber officinale varietas rubrum)

Tumbuhan ini mempunyai nama latin Zingiber officinale varietas rubrum, merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang sudah terkenal untuk digunakan sebagai bahan obat serta tanaman rempah. Rimpangnya ini mempunyai bentuk jemari serta mengembung pada bagian sela-sela ruas tengahnya. Tumbuhan jahe merah mempunyai kandungan minyak asiri serta mempunyai rasa yang pedas karena adanya senyawa keton yang diberi nama zingeron. Jahe merah disebut juga dengan jahe sunti. Salah satu ciri fisik yang paling ketara dari tanaman rempah satu ini adalah warnanya. Jahe jahe merah atau Zingiber officinale varietas rubrum mempunyai kulit rimpang yang berwarna hijau kemerahan dengan bagian dalam yang berwarna merah muda sampai kuning.

Ukuran rimpang jahe merah lebih kecil ketimbang jahe biasa, dan ruasnya pun cenderung rata dan sedikit menggembung. Tak hanya itu, kandungan dan rasanya pun berbeda. Jahe jenis ini mempunyai rasa yang lebih pahit dan pedas dari jahe biasanya karena mengandung minyak astri lebih banyak. Tak seperti jahe biasa, jahe ini selalu dipanen setelah berumur tua. Jahe ini cocok untuk ramuan obat-obatan.

Kandungan penting :

Terdapat shogaol, gingerol, dan zingeron di dalam jahe merah. Selain itu, menurut Jahemerah.org, anda akan menemukan beberapa senyawa kimia dalam satu rimpang jahe merah. Terdapat capsaicin, farnesene, cineole, caprylic acid, aspartic, linolenic acid, gingerdione, dan masih banyak lagi senyawa kimia yang terkandung di dalam jahe merah.

Khasiat & Penggunaan :

obat penyakit batuk

Cara pembuatan ramuannya: siapkan sekitar 3 rimpang jahe merah masing-masing seukuran ibu jari kita, kemudian cuci jahe merah hingga bersih dan tidak ada kotoran lagi, lalu siapkan air sekitar 2 gelas dan rebus hingga tersisa satu gelas saja. Minum rebusan jahe merah tersebut sehari dua kali.

Mengobati pegal-pegal.

Cara pembuatan ramuannya : ambil atau sediakan kurang lebih dua rimpang jahe masing masing sebesar ibu jari kita, lalu siapkan juga dua gelas susu, kemudian bakar jahe merah di bara api, kemudian pipihkan jahe merah dengan di getok perlahan, lalu rebus jahe merah dengan 2 gelas susu tadi hingga mendidih, minum ramuan sehari dua kali juga.

Obat herbal sakit kepala

Cara pembuatan ramuannya : ambil kurang lebih 3 jahe merah, lalu cuci jahe tersebut hingga bersih, bakar jahe merah tadi kemudian pipihkan atau memarkan, lalu seduh kedalam segelas air hangat dengan ditambah sedikit madu atau bisa juga dengan gula aren. Kemudian minum ramuan tersebut. Lakukan 2-3 kali sehari hingga sakit kepala hilang.

Mencegah masalah pencernaan

Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.

Mengurangi nyeri otot dan sendi

Orang yang mengkonsumsi jahe panas atau jahe mentah, cenderung mengalami penurunan resiko nyeri otot setelah melakukan olah raga. Ini membuktikan bahwa jahe bisa memberikan dampak baik dan bisa dijadikan obat herbal bila kita ingin mengatasi masalah nyeri otot.

Meningkatkan kesuburan pria

Salah satu manfaat jahe adalah dapat membantu kesuburan pada pria. Ini telah dibuktikan dalam banyak penelitian. Kandungan antioksidan di dalam jahe merah ini akan membantu fungsi reproduksi pada pria

Menurunkan asam urat

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang terkenal akan manfaatnya dalam mengatasi berbagai keluhan, termasuk asam urat. Pasalnya, jahe memiliki kandungan zat gingerdione, gingerol, dan zingeron yang bersifat antiradang dan berkhasiat mengurangi pembengkakan serta nyeri sendi akibat asam urat.

Gambar :

Sumber : disarikan dari berbagai sumber.