Jintan Hitam (Nigella sativa)

Jintan hitam (Nigella sativa) adalah tanaman semak  dengan aroma daun yang segar. Bijinya mengandung minyak asiri dan lemak, digunakan untuk rempah-rempah dan campuran obat-obatan, misalnya untuk obat sakit perut. Tanaman ini termasuk rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat.Biji rempah-rempahnya berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Nama lain dari jintan hitam adalah ḥabbatus-saudā’ (bahasa Arab: الحبة السوداء), black cumin, nigella, kalojeera, kalonji, atau kalanji)

Jintan hitam (black seed), atau biasa dikenal juga oleh masyarakat Indonesia sebagai habbatussauda, sudah lama digunakan secara luas sebagai obat herba. Penelitian menunjukkan tanaman ini memiliki manfaat kesehatan dan mampu mengatasi berbagai penyakit. Habitus : Semak, semusim, tinggi kurang lebih 30 cm. Batang : Tegak, lunak, beralur, hijau kemerahan. Daun : Tunggal, lonjong, ujung dan pangkal runcing, tepi beringgit, pertulangan menyirip, berwarna hijau. Bunga : Majemuk, bentuk karang, benang sari banyak, tangkai sari dan kepala sari kuning, mahkota bentuk corong, putih kekuningan. Buah : polong, bulat panjang, coklat kehitaman. Biji : kecil, bulat, hitam. Akar : tunggang, coklat.

Kandungan penting :

Biji dan daun Nigella sativa (Jintan hitam) mengandung saponin dan polifenol. Jintan hitam (temu ireng) mengandung sedikitnya sembilan asam amino esensial, arginine, serat kasar, protein, besi, kalsium, magnesium, niasin, potasium, selenium, seng, minyak atsiri dari minyak volatile (mudah menguap), interferon, Omega 3, Omega 6, Omega 9, sapion (mirip kortikosteroid), saponin (antiracun), sterol (sebagai sintesa dan bioaktivitas hormon), Nigellone. Jinten hitam juga mengandung multivitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E.

Khasiat :

Jintan hitam memiliki kandungan thymoquinone yang memiliki peranan sebagai anti kanker. Selain itu manfaat lain dari jintan hitam untuk mengobati diabetes, menurunkan tekanan darah, mengobati sakit perut, dan berbagai manfaat lain untuk kesehatan tubuh.

    • Mengurangi risiko terkena kanker
    • Memperkuat imunitas tubuh
    • Meningkatkan energi
    • Melancarkan pencernaan
    • Membantu menurunkan berat badan
    • Mencegah sindrom metabolik
    • Bisa digunakan sebagai obat cacing

Cara penggunaan

    • Dipakai kurang lebih 15 gram biji Nigella sativa, dicuci kemudian ditumbuk sampai lumat dan ditambah dengan 1/2 gelas air matang kemudian disaring. Hasil saringan diminum sekaligus.
    • Secara umum, dosis jinten hitam dapat dikonsumsi 2000gram dalam satu hari. Sehingga bila dibuat dalam bentuk kapsul dimana setiap kapsul mengandung 500mg jinten hitam, maka And dapat mengkonsumsi 4 kapsul dalam satu hari.

Gambar :

Sumber : Kitab Tanaman Obat Nusantara, serta disarikan dari berbagai sumber.