Karena ada banyak hal yang dapat kita hemat

Degradasi lingkungan hidup semakin meningkat tahun demi tahun, khususnya permasalahan sampah yang semakin butuh untuk segera ditingkatkan penanganannya. Dengan volume sampah yang terus bertambah dalam deret ukur, sementara masih terbentur dengan penanganannya yang masih belum memadai untuk dapat menjangkau semuanya. Partisipasi dari pihak masyarakat juga dituntut untuk lebih terlibat dalam prakteknya maupun inovasinya, salah satunya dengan mempopulerkan kegiatan recycle atau daur ulang dalam rangka pendidikan lingkungan.

Program pendidikan lingkungan hidup berupaya memberikan kepada sumber daya manusia dengan kemampuan (skills) untuk inovatif dan keberlanjutan dalam hal penggunaan sumber daya alamnya. Pengembangan dan peningkatan “leader-leader baru” sebagai kunci dari unsur kesuksesan dan keberlanjutan program. Metode kualitatif untuk mengetahui tingkat kebutuhan melalui pembicaraan informal dan grup diskusi memberikan informasi yang berharga untuk perbaikan dan perencanaan kegiatan kedepan. Melalui kegiatan ini merupakan sebagai pintu masuk dari program panjang tersebut.

Dengan mendaur ulang kertas sebanyak satu ton saja, kita dapat mengemat 17 batang pohon, 14.000 liter minyak bumi, 3 meter kubik lahan pembuangan, dan 26.000 liter air.

Dan kita memang harus:

Menghemat pohon, karena dengan bantuan 1 batang pohon saja, kita sudah terlindung dari 27 kilogram polutan yang mencemari udara setiap tahunnya

Menghemat bahan bakar, karena itu sama artinya dengan mengurangi pelepasan karbondioksida ke udara yang dapat menyebabkan efek rumah kaca

Menghemat lahan pembuangan, karena tempat pembuangan akhir (TPA) juga masih menyisakan permasalahan-permasalahan tentang lahan dan pengolahan sampah.

Menghemat air, karena hanya tersedia sekitar 1-3% saja dari seluruh persediaan air di bumi ini, yang siap digunakan (sementara yang lainnya masih berupa air laut dan bongkahan es)

Tinggalkan Balasan 2

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Dwimoon

Dwimoon

mau tau, sumbernya dari mana y???