Kolesom / Som Jawa (Talinum paniculatum)

Kolesom jawa, som jawa atau ginseng jawa (Talinum paniculatum) adalah spesies tanaman berbunga dari genus Talinum. Tanaman ini dimanfaatkan sebagai tanaman hias berbunga dan juga digunakan sebagai tanaman obat penambah stamina. Som Jawa banyak digunakan  sebagai tanaman hias karena bunganya yang indah selain digunakan sebagai tanaman obat/herbal. Layaknya ginseng, tanaman Som Jawa ini identik sebagai herbal penambah stamina.

    • Habitus : Semak, tinggi kurang lebih 40 cm.
    • Batang : tegak, berkayu, bulat, halus, hijau pucat.
    • Daun : tunggal, lonjong, berseling, panjang kurang lebih 11 cm, lebar kurang lebih 4 cm, pangkal bulat, ujung meruncing, pertulangan menyirip, hijau pucat.
    • Bunga : majemuk, bentuk malai, di ujung batang, mahkota lonjong, panjang kurang lebih 4 cm, ungu, benang sari bercabang, ungu.
    • Buah : kotak, lonjong, kuning kehijauan berbintik coklat. Biji : lonjong pipih, diameter kurang lebih 1 mm, hitam mengkilat.
    • Akar : tunggang, coklat kotor.

Kandungan penting :

Akar dan daun Talinum triangulare mengandung saponin dan flavonoida, di samping itu akarnya juga mengandung tanin.

Khasiat dan penggunaan :

Lemah syahwat :

Akar Talinum triangulare berkhasiat sebagai obat lemah syahwat. Untuk obat lemah syahwat dipakai kurang lebih 10 gram akar segar Talinum triangulare, dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan 2 gelas air selama 30 menit, setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum sekaligus.

Sebagai Tonikum

Ginseng jawa kerap diolah menjadi tonikum. Tonikum adalah obat berupa minuman berwarna dan berasa anggur, yang dikonsumsi untuk memulihkan atau menambah tenaga (kekuatan) bagi orang yang kondisi badannya lemah, kurang darah, dan sebagainya.

Kebugaran Tubuh

Di tengah cuaca yang tak menentu, menjaga kebugaran adalah hal utama yang harus diperhatikan. Selain dibarengi dengan olahraga teratur dan gemar makan sayur-buah, mengonsumsi air rebusan ginseng jawa yang telah dimasak bersama teh juga berkhasiat agar tubuh tetap bugar dan tidak mudah terserang virus.

Menghilangkan Lelah

Setelah beraktivitas sehari penuh, biasanya tubuh akan memberi sinyal lelah. Segera beristirahat dan minum teh yang telah dicampur dengan irisan akar ginseng jawa untuk mengembalikan stamina.

Menghilangkan Sakit Kepala

Rasa sakit kepala yang akrab dirasakan banyak orang adalah pusing. Sebenarnya, kepala pusing bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari suatu kondisi perubahan tubuh atau penyakit tertentu. Oleh karenanya, ketimbang meminum obat kimia, akan lebih baik jika meredakan pusing dengan mengunyah akar ginseng jawa kering yang telah direbus agar empuk.

Meredakan Batuk Berdahak

Cara yang sama bisa Anda lakukan apabila tengah mengalami batuk berdahak. Segerakan meminum air rebusan akar ginseng jawa atau mengunyahnya. Dijamin, batuk berdahak Anda akan mereda dalam waktu singkat.

Mengobati Radang Paru

Radang paru-paru merupakan penyakit serius, terutama bila menyerang bayi dan anak kecil, anak dengan malnutrisi, dan anak dengan gangguan imunologis. Infeksi bakteri merupakan penyebab radang paru-paru paling umum. Bakteri yang menyebabkan terjadinya radang adalah Streptococcus pneumoniae dan Haemophilus influenzae. Sedangkan virus yang paling sering menyebabkan kondisi ini adalah respiratory syncytial virus (RSV), rhinovirus, dan virus influenza.

Mengatasi Diare

Anda bisa mencoba cara herbal yakni dengan meminum air rebusan akar ginseng jawa sebanyak 30-60 gram. Untuk diingat, sebelum direbus, akar ginseng jawa segar harus dikukus terlebih dahulu.

Melancarkan Haid

Menstruasi atau haid dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu haid dikelompokkan tidak lancar bila lamanya haid berubah-ubah setiap bulannya. Guna melancarkan haid, Anda bisa mempraktekkan resep ginseng jawa yang sama dengan mengatasi diare.

Masakan Peningkat Produksi ASI

Cara memasak :

    • Haluskan bawang merah dan bawang putih
    • Panaskan mentega di atas api sedang kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum
    • Masukkan jagung manis yang telah disisir kemudian tumis sampai matang
    • Beri garam dan gula sesuai selera
    • Masukkan daun ginseng jawa dan aduk rata hingga layu 6. Segera angkat dan sajikan di atas piring selagi hangat.

Gambar :

Sumber : disarikan dari berbagai sumber.