Lada / Merica (Piper nigrum)

Lada (Piper nigrum), disebut juga merica atau sahang, merupakan tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. Tanaman ini sudah mulai ditemukan dan dikenal sejak puluhan abad yang lalu. Pada umumnya orang-orang hanya mengenal lada putih dan lada hitam yang mana sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Tanaman ini merupakan salah satu komoditas perdagangan dunia dan lebih dari 80% hasil lada Indonesia diekspor ke negara luar.

Tanaman ini merupakan herba tahunan dengan batang bulat, beruas, bercabang, mempunyai akar pelekat, berwarna hijau kotor. Daun tunggal, bulat telur, pangkal bentuk jantung, ujung runcing, tepi rata, panjang 5-8 cm, lebar 2-5 cm, pertulangan menyirip, berwarna hijau. Bunga majemuk, bentuk bulir, menggantung, panjang dan berwarna hijau. Buah buni, bulat, buah muda berwarna hijau dan setelah tua berwarna merah.

Kandungan penting :

Minyak atsiri (kavisin, alkaloid piperin, piperidin, metilpirolin), kariofilena, filandrena, zat pahit, minyak lemak, Amilum, resin, saponin, amida fenolat, asam enolat, flavonoid, wisasine, sesquiterpenes, caryophyllene dan limonene.

Khasiat

Meningkatkan kerja pencernaan

Lada dapat digunakan untuk terapi dan penyembuhan luar tubuh, dan jika dikonsumsi akan memberikan efek positif terhadap tubuh. Peran lada terutama bekerja mempengaruhi kinerja sistem pencernakan. Lada sejak lama telah digunakan sebaga salah satu bahan penting sebagai bumbu dalam pengolahan makanan. Di Eropa dan Asia, lada secara luas digunakan sebagai penyedap rasa karena mempunyai aroma khas dan cita rasa pedas yang menyebabkan kelezatan makanan.

Melancarkan darah & Pernafasan

Lada dimanfaatkan sebagai bumbu masakan karena mempunyai sifat menghangatkan dan melancarkan peredaran darah. Secara empirik, makanan pedas yang mengandung lada baik digunakan untuk penderita influenza. Lada baik digunakan untuk melonggarkan saluran pernafasan. Lada banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat dan kuliner (Ayam lada hitam, Kepiting lada hitam, Daging Sapi lada hitam).

Menstabilkan tekanan darah

Biji lada hitam mengandung mineral-mineral berharga seperti kalium, kalsium, seng, mangan, besi dan magnesium yang berperan penting bagi tubuh. Kalium adalah komponen penting dalam sel dan cairan tubuh yang dapat mengontrol laju detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai ko-faktor dari enzim superoxide dismutase.

Mencegah Kanker

Lada dilaporkan kaya akan kandungan Pyridoxine, riboflavin, thiamin dan niacin. Lada adalah sumber penting dari vitamin antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin A. Lada juga kaya akan anti oksidan flavonoid polyphenolic seperti carotenes, cryptoxanthin, zea- xanthin dan lycopene. Komponen komponen ini dapat membantu tubuh untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan dengan demikian melindungi tubuh dari kanker dan aneka penyakit.

Anti depresi & anoreksia

Lada hitam dilaporkan baik dalam meningkatkan nafsu makan karena kemampuannya untuk meningkatkan kerja sistem pencernakan dan mengurangi anoreksia. Lada hitam mempunyai peran dalam membantu penyerapan nutrisi oleh tubuh menjadi lebih baik. Kandungan piperin dalam lada hitam diketahui bermanfaat dalam kesehatan otak, terutama sebagai anti-depresi. Lada mempunyai sifat akrminatif, dan membantu meringankan perut kembung. Piperin dalam lada hitam diduga kuat berperan dalam pencegahan kanker. Pencegahan kanker ini juga dimungkinkan karena kandungan antioksidan dari lada hitam.

Perawatan kulit

Lada hitam juga dignakan dalam perawatan kulit. Lulur berbasis bahan lada hitam dapat membantu pelepasan sel-sel kulit mati sehingga meningkatkan sirkulais nitrogen dan nutrisi bagi kulit. Sifat antibakteri dan anti inflamasi lada berperan dalam menjaga kulit terhindar dari infeksi kulit (Jerawat, bisul), dan menyingkirkan ketombe.

Menjaga kesehatan tubuh

Menjaga kesehatan kulit dan usus, membantu melancarkan sistem pernafasan, mencegah tukak lambung, mengontrol tekanan darah, menurunkan resiko kanker, mengatasi gejala flu, muntah setelah makan dan panas dalam, mengobati impotensi, nyeri haid, nyeri otot, reumatik, dan malaria.

Manfaat Buah lada :

    • Disentri
    • Kolera
    • Kaki bengkak
    • Nyeri haid
    • Rematik (nyeri otot)
    • Selesma
    • Sakit kepala (obat luar)

Manfaat Daun lada :

    • Batu ginjal

Gambar :