Manfaat Bunga Ekor Kucing

Manfaat bunga ekor kucing untuk obat tradisional :

1. Muntah darah

Untuk mengobati muntah darah sangat mudah, ambil bunga ekor kucing secukupnya, kunyah bersama pinang putih, jahe, kencur dan daun pulai yang masih muda. Lakukan pengobatan ini setiap hari. Jika dengan cara ini tidak suka, lakukan cara berikut. Ambil bunga ekor kucing secukupnya, setelah itu lumatkan dengan gula merah secukupnya kemudian dimakan.

2. Vitiligo

Ambil segenggam daun ekor kucing segar dan kencur ukuran ½ ibu jari lalu cuci hingga bersih, Setelah itu giling sampai halus. Oleskan pada bagian tubuh yang berbecak putih, lalu balut. Lakukan setiap hari.

3. Luka berdarah

Untuk mengobati luka berdarah, cuci segenggam daun ekor kucing sampai bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Tempelkan pada luka dan balut menggunakan kain perban.

4. Mengobati disentri

Ambil sekitar 10-30 gram bunga ekor kucing, cuci bersih kemudian rebus hingga mendidih. Setelah airnya dingin saringlah. Air rebusan bunga ekor kucing siap diminum.

5. Mengobati radang usus

Untuk mengobati radang usus, ambil 30 gram bunga ekor kucing, cuci bersih, kemudian rebus dengan air secukupnya sampai mendidih.

6. Mengobati cacingan

Cacingan pada anak bisa diobati dengan bunga ekor kucing. Biasanya anak yang terkena cacingan badannya kurus tapi makannya banyak. Atasi dengan caranya, sediakan 15 gram bunga ekor kucing, kemudian rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah dingin, saring airnya dan kemudian minum.

 

Sumber : disarikan dari berbagai sumber.