Permainan nDeso
Permainan tradisional adalah simulasi kehidupan sehari-hari. Aspek-aspek yang dirasakan dalam kehidupan sehari-hari muncul dalam permainan tradisional. Permainan tradisional sebagai bahan belajar langsung dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Kalah menang, kuat lemah, dan faktor fisik kekuatan otot tidak penting dalam permainan. Yang paling penting adalah bagaimana berproses dalam permainan tersebut.
Ada berbagai jenis permainan. Permainan tradisional, permainan bertujuan, dan permainan icebreaker/energizer. Permainan tradisional adalah permainan yang bisa digali dari permainan yang telah ada dan pernah ada di lingkungan sekitar kita. Permainan bertujuan adalah permainan yang mempunyai maksud dan tujuan tertentu. Permainan ini sesuai dengan tema dan aspek lain seperti umur dan wilayah. Permaian bertujuan adalah simulasi dari kehidupan sehari-hari. Setelah dilaksanakan permainan bertujuan akan dilakukan diskusi atau sharing makna dan intisari dari permainan.
Permainan icebreaking adalah permainan antara untuk memecah kebekuan. Kebekuan karena belum kenal dan akrab atau juga bisa menjadi permainan energizer jika menjadi permainan penyemangat lagi ditengah-tengah acara.
________________________________________
Permainan Tradisional dan budaya lokal
________________________________________
1. Egrang
Tujuan
1. Mengenali budaya dan potensi desa.
2. Mengembangkan kepercayaan diri
3. Mengembangkan saraf sensorik dan motorik anak
Perintah :
• Buatlah (jika belum ada egrang ) atau Kompetisi berjalan dengan egrang menurut lintasan masing-masing (egrang sudah tersedia)
Aturan :
• Pakailah bahan yang ada di sekitar untuk membuat egrang (jika egrang belum jadi)
• Saat berjalan tidak boleh salah lintasan
• Jika jatuh ulangi dari awal
• Waktu 30 menit
Refleksi :
Egrang adalah salah satu media pembelajaran yang mengembangkan ketrampilan tubuh dan pikiran. Egrang mengajarkan pada kita bahwa dengan permainan yang ada di sekitar kita mempunyai nilai-nilai dan manfaat yang bermanfaat bagi pertumbuhan fisik, pikiran dan pengetahuan.
Alat:
o egrang, atau bambu bahan dasar egrang
o lintasan permainan
________________________________________
2. Teklek
Tujuan
1. Mengenali budaya dan potensi desa.
2. Mengenali kelebihan dan kelemahan anggota kelompok.
3. Membangun kemampuan membuat strategi dan staffing anggota kelompok
4. Mengembangkan kepasrahan dan kepercayaan dalam kelompok
Perintah :
• Buatlah (jika belum ada teklek ) atau Kompetisi berjalan dengan teklek menurut lintasan masing-masing (teklek sudah tersedia)
Aturan :
• Pakailah bahan yang ada di sekitar untuk membuat teklek (jika teklek belum jadi)
• Saat berjalan tidak boleh salah lintasan
• Jika jatuh ulangi dari awal
• Waktu 30 menit
Refleksi :
Teklek adalah salah satu media pembelajaran yang mengembangkan ketrampilan kerjasama dengan orang lain. Teklek mengajarkan pada kita bahwa perlu sebuah keteraturan, kebersamaan dan saling percaya antar teman.
Alat:
o teklek, atau bahan dasar egrang (teklek bathok – teklek kayu)
o lintasan permainan
mas kalau TekLek BlereK itu apa ya?
i like tradisional games….