Ruku-Ruku Utan / Kemangi Hutan (Ocimum tenuiflorum)

Ruku-ruku / Lampes / Kemangi Hutan (Ocimum tenuiflorum Linne) merupakan tumbuhan liar yang tergolong famili lamiaceae dan berasal dari sebagian wilayah India dan Asia Tenggara. Untuk wilayah Indonesia sendiri, tanaman ini banyak ditemui di pematang sawah, pinggiran hutan di daerah Sumatera, Sumbawa, dan sekitarnya. Tanaman ini masih berkerabat dekat, serta memiliki bentuk dan aroma yang mirip dengan daun kemangi, sehingga orang sering mengiranya sebagai daun kemangi biasa. Tanaman ruku-ruku ini juga masih satu famili dengan tanaman selasih. Tanaman ruku-ruku ini biasanya digunakan untuk masakan Minangkabau yang berupa lalapan dan gulai, serta dipercaya berkhasiat untuk penyakit darah tinggi dan jantung

    • Habitus : semak, tahunan, tinggi kurang lebih 50 cm.
    • Batang : tegak, lunak, bersegi, berbulu, hijau.
    • Daun : tunggal, berhadapan, lonjong, panjang 1,5-5 cm, lebar 1-2 cm, ujung runcing, pangkal membulat, tepi beringgit, pertulangan menyirip, berambut halus, hijau.
    • Bunga : majemuk, berkelamin dua, di ketiak daun, kelopak runcing, berduri, hijau, mahkota bentuk terompet, kepala sari coklat, ungu.
    • Buah : kotak, bulat hitam. Biji : bulat, hitam.
    • Akar : tunggang, kuning kecoklatan.

Kandungan penting :

Daun dan batang Hyptis suaveolens mengandung saponin dan tanin. selain tiu, ruku-ruku ini kaya akan kandungan: Magnesium, Mangan, Kalsium, Zinc, Zat besi, Klorofil, Vitamin A, vitamin C, dan vitamin K

Khasiat dan Cara Penggunaan :

Peluruh ASI

Daun dan batang Hyptis suaveolens berkhasiat untuk peluruh air susu ibu (ASI). Untuk peluruh air susu ibu dipakai kurang lebih 20 gram daun / batang segar Hyptis suaveolens, dicuci kemudian ditumbuk sampai lumat, ditambah dengan 1/2 gelas air matang panas, diperas dan disaring. Hasil saringan diminum sekaligus.

Sebagai bumbu masakan

Dalam olahan kuliner Minang, daun tanaman ini biasa digunakan sebagai bumbu rempah gulai dan aroma daunnya bisa membantu menghilangkan bau amis pada ikan basah.

Sebagai obat demam

Air rebusan daun ruku-ruku yang diminum secara rutin dipercaya mampu membantu menurunkan demam dan mengobati masuk angin.

Sebagai obat mata

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam daun ruku-ruku dapat membantu menyehatkan mata dan mencegah penyakit mata.

Menjaga kesehatan mulut

Kandungan vitamin C dalam daun ruku-ruku dapat membantu menjaga dan menutrisi rongga mulut, sehingga dapat lebih meminimalisir atau bahkan mencegah terjadinya radang di mulut, sakit gigi, dan sariawan.

Mengobati gejala radang

Daun ruku-ruku memiliki sifat anti inflamasi, sehingga dapat menyembuhkan gejala radang yang mulai menyerang tubuh. Meminum rebusan air daun ruku-ruku secara rutin juga mampu mengobati batuk berdahak dan batuk tidak berdahak.

Menjaga kesehatan organ reproduksi wanita

Manfaat daun ruku-ruku bagi wanita diantaranya dipercaya dapat membantu menambah dan melancarkan produksi air susu ibu, mencegah datangnya menopouse, mencegah keputihan, dan menghilangkan jamur penyebab keputihan.

Komedo & Jerawat

Manfaat lain dari mengonsumsi daun ruku-ruku di antaranya mampu mencegah komedo dan jerawat, mencegah kerontokan dan menjaga kesehatan rambut, hingga mencegah stroke dan menyehatkan jantung.

Walaupun tanaman ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, namun hal yang perlu diwaspadai adalah jika anda termasuk wanita yang tengah menjalani program hamil, tengah mengonsumsi obat antikoagulasi, atau pra-pasca menjalani tindakan operasi, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi tanaman ini karena sebuah studi pada hewan menemukan bahwa tanaman ruku-ruku (holy basil) ini dapat menimbulkan efek negatif terhadap tubuh

Gambar :

Sumber : Kitab Tanaman Obat Nusantara