Spirulina (Arthrospira platensis, Arthrospira maxima)

Spirulina merupakan tumbuhan mikroalga yang menyebar secara luas, dapat ditemukan di berbagai tipe lingkungan, baik di perairan payau, laut dan tawar. Ciri-ciri morfologinya yaitu filamen yang tersusun dari trikoma multiseluler berbentuk spiral yang bergabung menjadi satu, memiliki sel berkolom membentuk filamen terpilin menyerupai spiral, tidak bercabang, autotrof, dan berwarna biru kehijauan.

Spirulina biasanya dari dua jenis spesis cyanobacteria: Arthrospira platensis, dan Arthrospira maxima. Keduanya serta juga spesies Arthrospira yang lain pernah diklasifikasikan dalam genus Spirulina. Kini, terdapat persetujuan bahwa mereka adalah dari jenis genus berbeda, dan spesis makanan yang tergolong dalam kumpulan Arthrospira; walau bagaimanapun, istilah Spirulina yang lama masih lagi sering digunakan.

Spirulina ini saat ini menjadi salah satu suplemen herba yang mengandung beragam vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, sebelum Anda mengonsumsinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar produk herba ini tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Pemanfaatan Spirulina ini yakni dengan memanen tanaman ganggang berwarna hijau-kebiruan yang hidup di air laut dan air tawar. Setelah dipanen, tanaman ini akan diproses sedemikian rupa hingga menjadi tablet, bubuk, atau minuman, yang dapat dikonsumsi.

Kandungan penting :

Dalam spirulina bubuk terkandung kalori dan beragam nutrisi;  protein, lemak nabati, karbohidrat, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, vitamin C, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin K, kolin, folat, dan antioksidan dll.

Khasiat :

    • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
    • Menjaga kesehatan jantung
    • Meredakan gejala alergi
    • Mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker
    • Menurunkan tekanan darah tinggi
    • Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Gambar :

Sumber : disarikan dari berbagai sumber