Blekok Sawah / Kuntul Sawah (Ardeola speciosa)

Blekok sawah (Ardeola speciosa) adalah spesies burung dari famili Ardeidae. Makanan utamanya adalah serangga, ikan, dan kepiting. Burung ini menyebar luas di Asia Tenggara. Panjang tubuh sekitar 46 cm. Paruh berwarna kuning dan hitam pada ujungnya. Pada masa tidak berbiak warna punggung lebih kecokelatan

Blekok sawah memiliki tubuh berukuran kecil (45 cm). Berbiak: Kepala, dada kuning tua. Punggung nyaris hitam. Tubuh bagian atas lainnya coklat bercoret-coret. Tubuh bagian bawah putih. Saat terbang sayap terlihat sangat kontras dengan punggung yang hitam. Tak berbiak dan remaja: Coklat bercoret-coret. Iris kuning, paruh kuning, ujung paruh hitam, kaki hijau buram. Hidup sendiri atau dalam kelompok tersebar. Berdiri diam dengan posisi tubuh rendah, kepala ditarik, menunggu mangsa. Setiap sore terbang menuju tempat istirahat, dengan kepakan perlahan, berpasangan atau bertiga. Bersarang dalam koloni bersama burung air lain. Sarang dari tumpukan ranting pada dahan atau cabang berdaun di pohon di atas air. Telur berwarna hijau biru pucat, jumlah 2-3 butir. Berbiak bulan Desember-Mei, Januari-Agustus.

Persebaran

Burung Blekok Ardeola speciosa sering terlihat di daerah persawahan menyendiri atau dalam kelompok kecil. Sering dijumpai berdiri diam dengan posisi tubuh rendah dan kepala ditarik saat menunggu mangsa. Setiap sore terbang menuju tempat istirahat, dengan kepakan perlahan, berpasangan atau bertiga.

Klasifikasi, Kelas Aves / Burung

    • Ordo : Palecaniformes, Coconiiformes
    • Family : Ardeidae
    • Genus : Ardeola
    • Species : Ardeola speciosa

Makanan

Makanan utama Blekok sawah Ardeola speciosa yaitu ikan, katak, kodok, hingga serangga-serangga di air.

Perilaku Regenerasi

Musim berbiak Blekok sawah Ardeola speciosa yaitu bulan Desember-Mei, Januari-Agustus. Bersarang dalam koloni bersama burung air lain. Sarang terbuat dari tumpukan ranting pada dahan atau cabang berdaun di pohon di atas air. Telur berwarna hijau biru pucat, dengan jumlah 2-3 butir.

    • Masa reproduksi : Desember– Mei, Januari-Agustus
    • Masa inkubasi : –
    • Usia mandiri :
    • Nama anakan : –
    • Jumlah anak/telur :

Status Konservasi

Ukuran populasi masih cukup besar, dan karenanya tidak mendekati ambang untuk Rentan/Vulnerable di bawah kriteria ukuran populasi.

Ardeola speciosa tersebar luas di seluruh wilayah jelajahnya, sehingga dievaluasi sebagai Sedikit Perhatian/least concern dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN.

Fungsi Ekosistem

  • Burung Blekok mencari makan di area persawahan. Keberadaannya menjadi musuh alami bagi hama tanaman seperti ikan, katak, kodok hingga serangga-serangga air lainnya.
  • Burung blekok dapat menjadi indikator jika lahan persawahan di suatu kawasan tertentu masih memiliki tingkat kesuburan yang baik dengan adanya keanekaragaman hayati yang masih terjaga. Dampak dari penggunaan pestisida kimia yang berlebihan misalnya kemungkinan dapat mengurangi atau bahkan melenyapkan hewan-hewan yang menjadi makanan alami burung blekok sehingga mengancam keberadaan mereka.

Gambar

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *