CLIMATE CHANGE FOR DUMIES

By: Neville Kemp

Apa penyebab climate change? Kita akan sama-sama mencari jawabannya. Apabila terjadi perubahan di suatu negara, negara mana yang paling banyak melakukan perubahan à berpengaruh pada kebijakan terbentuknya perdagangan karbon yang berakibat pada CCà menjawab siapa yang bertanggungjawab atas CC.  Akan dijawab apakah CC bukan urusan orang bayak bukan tanggungjawab kami dan bagaimana

Mekanisme mengurangi karbon yang efektif, apakah dengan tehnologi ramah lingkungan dapat mengurangi dampak CC di negara berkembang?

CI mempunyai divisi baru khusus menangani carbon Trade, CC fokus mulai 3 tahun yang lalu. Namun CI bukan ahli dalam CC, diseluruh duniapun belum ada ahli CC dan bagaimana mengatasinya. Ahli ini biasanya akan fokus hanya satu bidang. Disini saya hanya mengantarkan saudara semua untuk mencari informasi dan memberikan gambaran umum.

Tujuan presentasi ini adalah untuk memberikan informasi mengenahi CC, Greenhouse Effect, Greenhouse gas, siapa yang bertanggungjawab soal CC dan saya punya pertanyaan sendiri mengenahi dampak CC itu sendiri, perubahan yang terjadi pada masa depan, pilihan-pilihan mitigasi dan adaptasi untuk CC bagaimana peran perubahan pemanfaatan lahan dalam bidang kehutanan, pertanian à bisa menjawab pertanyaan siapa yang bertanggungjawab atas CC

 

Perubahan sering terjadi terhadap iklim terhadap suhu, curah hujan, angin yang bertahan selama satu periode yang lama. Jadi dalam CC selalu ada perubahan setiap saat,   dalam sehari kondisi suhu tidak akan tetap selama satu hari pasti ada angin, curah hujan yang berbeda, suhu yang berbeda, dll

Dalam “CC” kami mendefinisikan sebagai suatu perubahan dimana ada fluktuasi yang cenderung lebih tinggi maupun lebih rendah semakin besar maupun semakin kecil. Jadi banyak subyektif bahwa CC selalu memakai alasan bahwa perubahan itu alami, tetapi mudah-mudahan kami bisa melihat tidak begitu, banjir makin sering semakind dahsyat, itu merupakan pemanasan global yang dampak dari ulah manusia.

Apakah itu benar terjadi? Pada saat ini IPCC yang baru keluar 2006 dan semua setuju bahwa Suhu bumi meningkat, pemanasan global berdasarkan dampak dari Green House dan perubahan manusiaà apakah itu pasti. Di dalam IPCC report kalo anda mau membaca say mempunyai summarynya sebagai informasi dasar dan gambaran umum bahwa

setiap benua semua samudra ada perubahan sistem alami khusunya suhu, ada kepastian secara subyektif bahwa ada bukti dampak pada sistem alami ini terkait dengan kegiatan manusia.

climate change for dummies

climate change for dummies

Tanda-tanda perubahan iklim dan yang bisa dilihat cenderung naik pada perubahan suhu di US naik, Eropa naik, Asia naik. Sekarang ini antara tahun 1900-2000 kebanyakan perubahan di mulai tahun 1970 dan semua membuktikan ada kenaikan. Jadi ini terlihat salah satu perubahan yang fiktif dia naik dan turun lagi. 88o ada perubahan CH sebagain daerah menjadi kering dan sebagian daerah lain menjadi basah.

Jadi yang obyektif dan terlalu komplek, tapi ada beberapa model yang dibahas IPCC yang penting pada Indonesia semuanya lebih….. tanda lagi pada kenaikan permukaan laut 3x /tahun jadi lebih banyak. naik sekitar 20 cm. Ini sangat mengkhuatirkan dalam berita2 di televisi gelombang laut naik masyarakat yang terkena dampaknya pada jawa, dan samudra bagaimana?  Indonesia mempunyai 17 ribu gugusan pulau , perhitungan kami adan menjadi 16 ribu dalam waktu yang singkat karena pulau-pulau tersebut akan tenggelam ini cukup parah. Juga akan terjadi perubahan….di samudra jika suhunya naik makan akan terjadi perubahan siklus arus dan sangat berpengaruh pada perikanan.

Elnino adalah salah satu siklus yang alami tetapi perubahan makin besar danpaknya pada perubahan angin biasanya arus air dari sebelah Utara dari T-B, belahan bumi Selatan dari B-T arus ini naik sekitar …… dia mengelilingi seluruh kawasan dan menyebabkan kemarau panjang di Indonesia kemudian bagian yang kering akan terjadi hujan dan banjir kemudian berikutnya.

Laninaà banjir, kami sudah mengalami tahun 2006 kemarau panjang dan kemudian tahun yang sangat basah samapi sekarang, fluktuasi ini akan besar dampaknya jadi kemarau makin panjang, banjir makin parah. Itu di kutub utara dari air menjadi es dan tidak akan lama lagi akan menguap, ada badai2 salah satunya Catrina yang semakin sering di bagian utara Amarika. Jadi apa yang mendiring ini? Biasanya ada efek alami panas matahari di ambil oleh bumi karena ada zat yang sebagain direleksikan, ada bagian yang dipantulkan ke ruang angkasa lagi tetapi kebanyakan di absorb, tetapi yang di absorb panas karena radiasi kebanyakan akan menjadi….. pernah lihat video2 tentang pencurian atau kejahatan di malam hari, apabila pihak keamanan menggunakan kamera infrared makan orangnya akan kelihatan putih karena itu mengelkuarkan radiasi, dibandingkan pohon2 yang relatif dingin sehingga menjadi tidak terlihat, ada zat yang keluar ke ruang angkasa, ada banyak yang dipantulkan lagi ke bumi.

Jadi itu proses yang biasa di seluruh dunia, bagian yang sangat maksimal ada di gurun pasir sedangkan yang paling minimal ada di daerah kutub.

Seandainya …….Kalau greenhouse semua radiasi dipantulkan ke ruang angkasa menjadi planet, jadi kami sebenarnya membutuhkan greenhouse gas untuk menyelimuti bumi

Sebelum industri berkembang dengan pesat………proses greenhouse efek.

Kalau bicara tentang greenhouse gas ada 2 proses dari hasil pembakaran hutan maupun pembusukan dan akan menjadikan tanah menjadi tidak subur lagi.

….tidak bisa membusuk karena proses oksidasi tidak berjalan tetapi kalau bakteri masuk karena ada oksidasi pembusukan akan berjalan.

 

Banyak pertanian yang tidak ramah lingkungan tidak memeliharakarbon yang ada di tanah jadi karbon akan hangus kemudian tanah menjadi keras, karbonnya keluar dari tanah ke udara menjadi CO2 kalau gasnya kebanyakan akan berdampak terhadap……

Perubahan ini sangat dahsyat, gelombang udara dalam

Semua survey rata-rata setuju dari belahan Selatan , sampai saat ini 200 port/million dan sekarang……….

 

Untuk mengakap radiasi 23x lebih efektif dibandingkan dengan…unit CO2. Demikian 296x lebih efektif dari CO2 jadi kembali ke…..tapi dampaknya 250 m lebih efektif untuk mengurangi panas bumi, panasnya 2 x bumi dari luar angkasa………………………….tapi juga 23 kali lebih dahsyat daripada CO2 sebenarnya. Metana dan CO2 harus dikurangi juga tingkatannya dan yang lain kenapa kebanyakan CDM sekarang mencoba mengurangi penggunaan CFC karena mempunyai dampak yang lebih jauh besar terhadap CC jadi inilah menegnahi silkus perubahan iklim.

 

Jadi untuk bagian pertama CC sedang terjadi diakibatjan oleh kegiatan manusia buktinya ada perubahan suhu, kanaikan permukaan laut dan kita selalu mengukur emisi CFC. Jadi sebelum masuk bagian berikutnya ada pertanyaan?